Sang Juru Kunci Merapi (Mbah Maridjan)

Sang Juru Kunci Merapi (Mbah Maridjan)


Mbah Maridjan nama yang tidak asing lagi yang terdengar ditelinga kita saat ini,Raden Ngabehi Surakso Hargo atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Maridjan memililki nama asli  nama asli: Mas Penewu Surakso Hargo, lahir di Dukuh Kinahrejo,Umbulharjo, Cangkringan, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, 5 Februari 1927 . Beliau memiliki empat orang anak yaitu :

  • Mbah Ajungan
  • Raden Ayu Surjuna
  • Raden Ayu Murjana
  • Raden Mas Kumambang

Mbah Ajungan menjadi penasihat presiden Sukarno tahun 1968-1969, kemudian menjadi wali Mangkunagara VIII tahun 1974-1987.

Ia mulai menjabat sebagai wakil juru kunci pada tahun 1970. Jabatan sebagai juru kunci lalu ia sandang sejak tahun 1982.

Sejak kejadian Gunung Merapi mau meletus tahun 2006, Mbah Maridjan semakin terkenal. Karena faktor keberanian dan namanya yang dikenal oleh masyarakat luas tersebut, Mbah Maridjan ditunjuk untuk menjadi bintang iklan salah satu produk minuman energi.

Mbah Maridjan meninggal di Sleman, Yogyakarta, 26 Oktober 2010 lalu  pada umur 83 tahun . Beliau adalah seorang juru kunci gunung Merapi. Amanah sebagai juru kunci ini diperoleh dari Sri Sultan Hamengkubuwana IX. Setiap gunung Merapi akan meletus, warga setempat selalu menunggu komando dari beliau untuk mengungsi.

Mbah Marijan, juru kunci Gunung Merapi ikut  menjadi korban letusan Gunung Merapi yang memiliki ketinggian 2.980 meter di atas permukaan laut dan mengeluarkan awan panas pada Selasa 26 oktober lalu. Ia ditemukan meninggal dalam kondisi sujud di rumahnya oleh tim SAR.Beliau merelakan nyawanya hanya untuk keselamatan masyarakat Yogyakarta Mbah Maridjan menolak untuk pindah dari rumah nya karena beliau sudah memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengendalikan gunung merapi,sampai akhirnya beliau meninggal karena terkena hembusan awan panas merapi.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Mbah_Maridjan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s