Slender Loris : Hewan Langka yang Tinggal 100 Ekor di Dunia

Hewan langka yang tinggal 100 ekor di dunia – Slender Loris. Hewan Horton Plains Slender Loris sulit dipahami para ilmuwan selama lebih dari 60 tahun. Mereka percaya bahwa mamalia bermata lebar ini telah punah.

Terlihat hanya empat kali sejak 1937 dan tampak sekilas pada 2002 oleh para peneliti yang mengidentifikasinya lewat pantulan cahaya terang di matanya. Para ahli percaya bahwa alasan utama kelangkaan hewan ini disebabkan oleh hilangnya habitat hutan alam yang sebagian besar hancur oleh dorongan untuk membuat perkebunan teh.

Slender Loris-hewan langka

Saat ini para ilmuwan dari Zoological Society of London (ZSL) telah berhasil menangkap gambar pertama di dunia dari binatang langka tersebut selama penelitian yang bertujuan untuk mengukur berapa banyak spesies ini di alam liar. Gambar dari mamalia terancam ini menunjukkan tampilan dari Horton Plains Slender Loris dewasa yang ditandai dengan kaki pendek dan bulu lebat panjang, sedang duduk di sebuah cabang pohon di hutan.

Foto menakjubkan itu diperoleh setelah lebih dari 1.000 malam survei di hutan Sri Lanka dan diambil selama 200 jam kerja yang melelahkan. Tim ini tidak hanya mengambil gambar dari hewan ini, tetapi juga menangkap tiga spesimen hidup untuk mengukurnya.

“Kami sangat gembira telah mengambil foto-foto pertama ini dan membuktikan keberadaannya, khususnya setelah 65 tahun seperti menghilang,” kata Dr Craig Turner, seorang ahli biologi konservasi ZSL. Slender Loris secara resmi dikenal sebagai Loris tardigradus nycticeboides. Hewan ini merupakan primata malam kecil yang hanya ditemukan di hutan tropis dari India Selatan dan Sri Lanka.

Slender Loris-hewan langka

Hewan langka itu memiliki panjang sekitar 6-10 inci (15cm-25cm) dan memiliki mata seperti piring besar yang membantu perburuan malam hari mereka. Makhluk ini diperkirakan hanya tersisa 100 makhluk langka di alam dan membuat hewan ini masuk di antara lima primata teratas yang paling terancam di dunia.

Namun para peneliti mengakui bahwa masih sangat sedikit yang diketahui tentang hewan ini yang jumlah sebenarnya bisa berada di bawah 60 ekor.

sumber : http://go-killz.blogspot.com/2010/07/slender-loris-hewan-langka-yang-tinggal.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s