Pengertian sejarah Internet dan Web

Pengertian dan sejarah Internet


Tahukah anda bagaimana sejarah internet ? di blog inilah saya akan menjelaskan tentang sejarah internet, sebelum saya menjelaskan bagaimana sejarah internet sebelumnya saya akan menjelaskan pengertian internet terlebih dahulu.
Anda sering asing mendengar kata “Internet”, bukan? Bahkan mungkin anda sudah tidak asing menggunakan internet. Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah internet pada dasarnya, sejarah internet diawali dari penelitian di Amerika Serikat sekitar 1960-an tentang cara membagi informasi atau data komputer menjadi paket-paket dan proses memindahkan paket-paket data tersebut dari satu komputer ke komputer lainnya.
Penelitian ini pertama kali dilakukan oleh salah satu lembaga yang bernama ARPA (Advanced Research Project Agenccy) yang kemudian berganti nama menjadi DARPA (Defense Advanced Research Project Agency). Pada 1969, DARPA mengembangkan proyek penelitian yang dikenal dengan sebutan ARPAnet.
Pada proyek ARPAnet ini dilakukan untuk menghubungkan komputer-komputer milik lembaga-lembaga pemerintah, pendidikan, bisnid, dan militer Amerika Serikat. Pada 1970, proyek ARPAnet brhasil menghubungkan lebih dari 10 unit komputer yang dapat saling berkomunikasi satu sama lain.
Kesuksesan proyek ARPAnet menjadi awal yang cerah dari perkembangan teknolgi internet yang dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan. Adapun urutan perkembangan internet dari sejak ditemukan yaitu sebagai berikut.

    Pada 1971, Roy Tomlinson dalam  proyek ARPAnet menciptakan program surat elektronik (email) yang kemudian disempurnakan pada 1972. Pada 1972 juga diperkenalkan simbol @ (dibaca “at” yang berarti pada). Simbol @ ini digunakan untuk menunjukkan lokasi data yang diakses melalui internet.
    Pada 1973, jaringan komputer ARPAnet mulai berkenalan dan dikembangkan diluar Amerika Serikat.
    Pada 1976, Ratu Ingris berhasill mengirim email.
    Pada 1977, komputer yang tergabung ke jaringan ARPAnet berjumlah lebih 100 unit.
    Pada 1982, sistem TCP dan IP mulai dikembangkan. Sistem TCP/IP ini digunakan untuk mengatur mekanisme pengiriman data antar komputer dalam jaringan internet.
    Pad 1984, komputer yang tergabung dalam jaringan internet berjumlah lebih dari 1.000 unit, sehingga dikembangkan teknologi alamat internet atau nama domain komputer (DNS = Domain Name System).
    Pada 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan sistem IRC (Internet Relay Chat) yang memungkinkan pengguna internet dapat saling berkomunikasi secara langsung (chatting).
    Pada 1990, Tim berners Lee mengembangkan program editor dan browser yang dikenal dengan sebutan www (world wide web). Program ini memungkinkan pengguna internet untuk melakukan penjelajahan dari satu komputer ke komputer lain.
    Pada 1994 hingga sekarang, jumlah komputer yang terhubung kedalam jaringan internet terus bertambah dan dalam kurun waktu ini beberapa fasilitas internet mulai bermunculan, misalnya program penjelajah internet (web browser), layanan email, mesin pencari (search engine), program chatting, dan lain-lain.

Pengertian dan sejarah Web


Setelah membahas tentang pengertian dan sejarah internet selanjutnya disini saya akan membahas pengertian dan sejarah web. Berbicara sejarah web, maka akan menyinggung juga keberadaan jaringan internet. Keduanya merupakan bagian yang saling berkaitan dan saling mendukung. Web tidak akan semakin popular tanpa adanya internet. Semakin tinggi teknologi internet yang diterapkan, berbanding lurus dengan perkembangan teknologi web pula. Karena keberadaan jaringan internet layaknya landasan yang mampu membuat web bisa berjalan.
website adalah kumpulan dari halaman – halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web ( WWW ) di dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Sejarahnya penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web#Sejarah

 

One thought on “Pengertian sejarah Internet dan Web

  1. andiny mengatakan:

    kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu http://www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s