Mobile Forensik

Tantangan dalam Mobile Forensik

Saat teknologi yang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat adalah pada bidang telekomunikasi, salah satunya yaitu teknologi handphone dan perangkat bergerak lainnya. Dalam bidang forensik, permasalahan yang terjadi dibidang ini memunculkan suatu kajian baru yang kemudian dikenal dengan mobile forensik.

Secara umum, terdapat perbedaan penanganan untuk digital/computer forensic dengan mobile forensic, salah satu nya dapat dilihat dari ragam banyak nya sistem operasi yang berjalan diatasnya. Untuk komputer forensic, maka umumnya komputer berjalan diatas tiga vendor utama sistem operasi yaitu : MS Windows, OXS dari Apple, serta Linux dengan berbagai varian. Prosentase pengguna sistem operasi tersebut dari tahun ke tahun tidak banyak perubahan, dengan urutan prosentase terbesar adalah Windows, Mac, Linux.

Hal ini berbeda dengan dunia mobile, hampir setiap tahunnya terjadi pergerakan pengguna sistem yang kadang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Berikut persentase pengguna sistem operasi untuk digital/computer forensic dengan mobile forensic.

Image

Perubahan prosentase pengguna sistem operasi mobile sangat dipengaruhi oleh produk-produk gadget yang dikeluarkan oleh vendor. Pada komputer atau atau peralatan digital sejenis, umumnya satu vendor hanya akan menggunakan satu sistem operasi saja untuk produk-produk yang dihasilkannya. Tidak demikian dengan produk gadget. Satu vendor bisa mengeluarkan berbagai varian produk dengan sistem operasi yang sangat variatif. Samsung sebagai contoh, mengeluarkan banyak sekali produk gadget dengan varian produk berbagai jenis sistem operasi mobil yang ada. Demikian juga dengan Nokia, Sony Ericson dan vendor-vendor besar lainnya (belum lagi vendor-vendor China dan lokal). Dengan demikian begitu banyak sekali varian dari produk vendor dengan pemilihan sistem operasi yang juga sangat variatif. Dengan demikian sangatlah wajar apabila kemudian prosesntase pengguna sistem operasi mobile akan selalu bergerak setiap tahun tergantung dari penjualan produk-produk favorit.

Kesulitan pertama yang akan dihadapi dalam bidang mobile forensic adalah memetakan karakteristik dari setiap Gagget dan vendornya. Setiap vendor memiliki karakteristik yang berbeda sejalan dengan inovasi dan keunggulan produk yang ditawarkannya. Setiap perbedaanya ini belum tentu dapat dengan mudah teridentifikasi secara sistem. Berbeda dengan sistem operasi pada komputer, walaupun Windows, OSX dan Linux berbeda, namun masing-masing telah memiliki pola yang disepakati dan diketahui secara luas tentang karakteristik dasarnya. Dengan demikian, walaupun banyak vendor komputer, namun semuanya memiliki karakteristik umum yang sama dalam hal cara kerja sistem komputernya. Tidaklah demikian dengan dunia mobile.

Kesulitan kedua adalah dalam hal eksplorasi gadget yang menjadi fokus. Media utama untuk melakukan eksplorasi gadget adalah dengan menggunakan USB yang menghubungkan antara gadget dengan komputer. Dengan demikian harus dipastikan ketersediaan driver serta software kit bawaan dari vendornya. Sayangnya kadang karena cepatnya perkembangan gadget, driver dan software kit yang tersedia kadang tidak support dengan gadget yang akan dieksplorasi. Dalam hal ini gadget berbasiskan Android relatif lebih mudah dan memiliki system support yang stabil dibandingkan dengan gadget lainnya. Hal ini tidak lepas dari dukungan dan komitmen Google untuk berkembangnya komunitas Android.

Dua kesulitan tersebut setidaknya menjadi tantangan awal bagi ahli digital forensik untuk menangani data-data digital yang tersedia dalam perangkat mobile. 

 

Peralatan Mobile Forensik

Forensik Mobile adalah ilmu baru,Tantangan terbesar berurusan dengan terus berubah model ponsel Ketika Anda mendapatkan bukti, umumnya Anda sedang melakukan dua tugas:          

 

  •  Bertindak seolah-olah Anda sedang PC sinkronisasi dengan perangkat (untuk men-download data).
  •   Membaca kartu SIM. Langkah pertama adalah mengidentifikasi perangkat mobile, Pastikan Anda telah menginstal perangkat lunak perangkat mobile pada workstation forensik Anda. Pasang telepon ke catu daya dan menghubungkan kabel yang benar. Setelah Anda menghubungkan perangkat.
  •  Jalankan program forensik dan mulai men-download informasi yang tersediapembaca kartu SIM.
  •  Sebuah perangkat keras kombinasi / perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses kartu SIM .
  • Anda harus di laboratorium forensik dilengkapi dengan perangkat antistatik yang sesuai Prosedur umum adalah sebagai berikut:        

1.      Lepaskan panel belakang perangkat.           

2.      Lepaskan baterai.     

3.      Keluarkan kartu SIM dari dudukan.  

4.      Masukkan kartu SIM ke dalam pembaca kartu.

5.      Mendokumentasikan pesan yang belum dibaca.

 

Untuk artikel lengkap mengenai mobile forensik bisa dilihat pada link dibawah ini:
PENGERTIAN DAN SEJARAH MOBILE FORENSIK (Stephanie Sagita)
TOOLS PADA MOBILE FORENSIK (Indra LumbanTobing)
STORAGE PADA MOBILE DEVICE (Franscisco Asisi Adinata)
BUKTI DATA PADA MOBILE FORENSIK (Vibri Ariyaningrum)

 

sumber : 

http://cipudputricipud.blogspot.com/2012/10/mobile-forensik.html

http://forensikadigital.wordpress.com/2012/08/16/tantangan-dalam-mobile-forensic/

http://digitalforensikdaninvestigasi.blogspot.com/

http://www.beritateknologi.com/tahun-2012-10-persen-pengguna-internet-mengakses-dari-perangkat-mobile/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s